HAKIKAT EKONOMI DAN BISNIS



 HAKIKAT EKONOMI
Ekonomi berasal dari kata oikonomia yg berarti pengelolaan rumah (cara Rumah Tangga memenuhi keb. hidup anggota Rumah Tangga)Asumsi dasar: kebutuhan (needs) manusia yg tidak terbatas dihadapkan pada sumber daya yang terbatas (scarce resources)
Tujuan ilmu ekonomi: mengembangkan konsep untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat.

DAMPAK BURUK
  • Tujuan manusia hanya mengejar kekayaan materi dan melupakan tujuan spiritual
  • Manusia cenderung hanya mempercayai pikiran rasionalnya saja dan mengabaikan adanya potensi rasa
  • Mengajarkan pada manusia sifat serakah.

ETIKA DAN SISTEM EKONOMI
2 paham sistem ekonomi ekstrem:
  •  kapitalis (negara barat: AS & Inggris)
  •  Komunis (eks uni soviet)
EKONOMI KAPITALIS
  •   Inti dari kapitalis: kebebasan individu untuk memiliki, mengumpulkan, dan mengusahakan kekayaan secara individu.
  •   Pertama kali diperkenalkan oleh John Locke.
  • 2 hal utama: liberalisme kepemilikan & dukungan ekonomi pasar bebas.
  • Ekonomi kapitalis dilandasi oleh teori etika egoisme dan etika hak.
EKONOMI KOMUNIS
  •  Pertama kali diperkenalkan oleh Karl Marx
  •   Karl marx melihat ada penindasan yang dilakukan sebagian pemilik modal terhadap mayoritas buruh.
  • Hal ini memicu ketidakadilan, karena pemilik modal semakin kaya, sedang buruh makin tertindas.
  • Dalam ekonomi komunis, tiap individu dilarang menguasai modal dan alat produksi
  • Latar belakang: etika altruisme utilitarianisme dan deontologi)
      Perkembangan kegiatan ekonomi

MERAMU                                








BERBURU 
 







  BATER  
UANG
 







 
Pengertian dan peranan bisnis
* Aktivitas bisnis: kegiatan menghasilkan barang dan jasa, termasuk mendistribusikannya ke pihak yang memerlukan serta aktivitas lain yang mendukung kegiatan produksi dan distribusi tersebut.
* Etis-Tidaknya Aktivitas bisnis menurut Keraf (1998) dilihat dari dua sudut pandang:
(i)Praktis realistis dan (ii)Pandangan idealis.

 Etis-tidaknya kegiatan bisnis
Praktis realistis didasari atas teori etika egoisme atau teori hak
Sedang pandangan idealisme didasari atas teori deontologi, keutamaan, atau teori teonom.
Lawrence, Weber & Post mengemukakan bahwa yang menentukan derajat keetisan adalah “key man” (man behind the gun) di balik bisnis, bukan bisnis itu sendiri
 
5 DIMENSI BISNIS ( BERTENS,2000)
5 dimensi bisnis (Bertens, 2000)
  

  5 dimensi bisnis (Bertens, 2000)
  1. Dimensi ekonomi: kegiatan produktif untuk mencari keuntungan
  2. Dimensi etika: apakah dalam usaha mencari       keuntungan, membawa kerugian bagi pihak lain
  3. Dimensi hukum: apakah bisnis melanggar aturan yang dibuat oleh otoritas berwenang
  4. Dimensi sosial: melihat adanya sosok manusia di belakang bisnis yang dijalankan
  5. Dimensi spiritual: kegiatan bisnis dilihat dari perspektif agama/ keyakinan
Pendekatan pemangku kepentingan (stakeholder)
Stakeholders: semua pihak yg mempengaruhi keberadaan perusahaan dan atau dipengaruhi tindakan perusahaan (Lawrence, Weber & Post;2005)
Keraf (1998) membagi stakeholder menjadi 2: (1)kelompok primer dan (2)kelompok sekunder
Primer: pelanggan,pemasok, pemodal, kreditur, karyawan
Sekunder: media massa, akademisi, aktivis lingkungan hidup, masyarakat sekitar, dsb

Corporate Social Responsibility 

Beberapa definisi CSR:
  • Komitmen bisnis untuk terus-menerus berperilaku etis dan berkontribusi dlm pembangunan ekonomi serta meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluarganya, masyarakat lokal, serta masyarakat pada umumnya (the world business council for sustainable development)
  • Tanggung jawab perusahaan baik ke dalam maupun ke luar perusahaan (A.B Susanto)
Fungsi CSR




























Pro – Kontra CSR
* UU PT pasal 74 mewajibkan perusahaan menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Pasal 74 ini masih banyak diperdebatkan oleh pelaku bisnis.
* Bukti lain: AS dan negara maju lain menghambat perundingan untuk mencari solusi atas pemanasan global, mis: Protokol Kyoto

KASUS: Kejahatan ekonomi
  • AT&T, Boeing, Comverse Tech, Prudential Financial tahun 2006 dituduh melakukan penipuan oleh departemen kehakiman AS
  • Kejahatan: penipuan dalam perdagangan saham, pembukuan palsu, suap pada dokter,dll.
  • Ini bukti bahwa pasca kasus ENRON, kejahatan white collar tidak berkurang
                                                                   
  Eksekutif utama tak tersentuh
  • Jacob Zamansky (seorang lawyer di NY) mengajukan tuntutan pada perusahaan pialang besar di wall street, Ia mengatakan banyak eksekutif yg harus dihukum.
  • Para eksekutif seringkali sengaja melakukan fraud karena tergiur untung besar
                                                                   










Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMAWATI Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    2M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan AKI_SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 1 MINGGU
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKI_SAKTI
    kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 7Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 7M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi AKI_SAKTI DI NOMOR 085_242_421_477
    agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi AKI_SAKTI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus