BISNIS BATU MULIA ATAU BATU AKIK.

BATU MULIA ATAU BATU AKIK


Fenomena batu mulia atau biasa disebut batu akik semakin moncer belakangan ini. Harga jual yang tinggi menarik perhatian masyarakat untuk ikut menekuni bisnis ini.

 Banyak petani berbondong-bondong beralih profesi jadi penambang atau pedagang batu akik dibanding mengurus ratusan hektar sawah. Alasannya, berjualan batu akik lebih mendatangkan keuntungan besar dibanding menjadi petani.

 di karenakan menambahkan, boomingnya batu akik menyebabkan omzet pedagang meningkat hingga 400%. masyerakat sendiri sebagai pengrajin dan penjual batu akik, turut merasakan kenaikan omzet yang signifikan dari bisnis batu akik. dan juga mengatakan batu akik  bisa laku hingga lebih dari Rp 100 juta dalam sehari.

Batu-batu akik yang dijual memang memiliki kualitas bagus. Bahan batu akik jenis bacan seberat 5 kg dilepas ke penjual dengan harga setengah triliun.

dan sejumlah petani karet ada yang beralih menjadi pedagang batu akik karena sedang marak saat ini dan sangat menjanjikan keuntungan.

memberikan dampak positif dalam meningkatnya perekonomian. Meskipun demikian trend batu mulia juga berdampak buruk terhadap lingkungan dan kehidupan sosial masyarakat serta juga bisa memicu konflik sosial terhadap masyarakat.

Faktor yang mempengaruhi masyerakat untuk mendapatkan batu AKIK.
Banyak hal yang membuat masyerakat untuk mencari jalan keluar untuk menemukan batu akik degan cara lain mencuri batu nisan makam yang terjadi di kota bantul jawa tengga.

Kota sukabumi Kota, Jawa Barat menangkap empat pemuda yang melakukan penodongan. Mereka rela melakukan itu karena di bawah pengaruh alkohol demi mendapatkan sebuah batu akik dari korbannya.

  Kejadian bentrok ini terjadi di Gampong Krueng Isep, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya.
bentrok ini terjadi bermula ada dua kelompok masyarakat antara warga setempat dengan warga pendatang yang memperebutkan bongkahan giok super ditaksir 20 ton di sekitar aliran sungai.

hal ini berpengaru ke masyerakat untuk melakukan tindakan yang fatal maka banyak kejadian yang merugikan masyerakat lain untuk mencari kebutuhan ekonomi.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar