KLUB SEPAK SEPAK BOLA TERTUA DI INDONESIA

                          Persipura Jayapura termasuk salah satu klub tertua di Indonesia.




Meski prestasinya tengah menurun pascasanksi FIFA, Indonesia bukan "anak baru" di sepak bola dunia. Pasalnya, lima klub di bawah ini bisa dibilang menjadi yang tertua, bahkan sudah berumur satu abad dan masih eksis sampai saat ini.


Sepak bola Indonesia dari tahun 1910-an memang sudah eksis. Indonesia sudah menghidupkan sepak bola sejak zaman penjajahan Belanda.




Pada 1931, kompetisi sepak bola Indonesia mulai digemakan. Usai Era Perserikatan, muncul Liga Galatama pada 1979. Pada kala itu, Galatama menjadi pioner terciptanya liga profesional yang tak menggunakan APBF sebagai penghidupan klub.

Selang 15 tahun berikutnya muncul sebuah ide menarik yakni menggabungkan kompetisi Galatama dan Perserikatan dan berubah nama menjadi Liga Indonesia yang digelar sampai 2008.




Setelah itu, PSSI sebagai induk sepak bola Indonesia mencanangkan liga yang lebih profesional, yakni Indonesia Super League (ISL). Kini, saat ISL berhenti sejenak,


Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo digelar sebagai pemuas dahaga sepak bola Tanah Air,


Dari sekian kompetisi di atas, tentu ada klub-klub hebat di baliknya. Bahkan, klub-klub ini lebih tua dan dianggap paling dipandang di sepak bola Indonesia.

Meski banyak bermunculan klub baru, eksistensi klub tertua tak kalah hebat. PSM Makassar dan Persipura Jayapura dua di antaranya. Untuk itu,

 Liputan6.com mencoba menyimpulkan lima klub tertua di Indonesia dan kiprahnya saat ini.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar