MANAJEMAN DIRI ( SELF-MANAGEMENT )


Manajemen diri adalah kemampuan untuk mengelolah pikiran,perilaku dan perasaan dalam diri seseorang untuk mecapai suatu tujuan tertentu. Dalam manajemen diri terkandung tiga unsur utama yakni perasaan (affection),perilaku (behvior) dan pikiran (cognition) yang kemudian disingkat menjadi ABC.











1.MANAJEMEN DIRI.

 Manajemen diri adalah orang yang mampu untuk mengurus dirinya sendiri sedangkan kemampuan untuk mengurus diri  sendiri itu dilihat dari kemampuan untuk mengururs wilayah diri yang paling bermasalah. Dan yang paling bisah bermasalah dalam diri itu adalah hati. Oleh karena itu harus memanajemen hati.
Setiap orang mempunyai tujuan hidup.Tujuan hidup setiap orang berbeda –beda . Karena mereka memiliki pemikiran  yang berbeda. Dan juga keinginan yang berbeda dalam kehidupanya. Ada yang sangat berambisi, dan ada pulah yang menjalani rencana tujuan hidup  yang suda ada rencanakab . karena kadang rencana yang ingin di jalankan terbentur oleh kenyataan yang ada.dalam merncanakan  tujuan hidup juga tidak mudah  karena harus mampu konsisten dengan apa yang sudahh direncanakan. Dan harus suda memikirkan baik dan buruknya terlebih dahulu. Merencanakan tujuan hidup yang baik dengan cara menajemen diri.
   Kesuksesan dapat dilihat dari kesuksesan seseorang seseorang dalam memanajemen dirinya sendiri .
Karena setelah dapat memanajj diri sendiri pasti orang itu akan dapat memimpin.

Tiga Tips untuk Menjadi Produktif.
1.     Fokus.

Fokus dalam merencanakan dan Melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwa yang di tentukan sebelumnya. Mengerjakan dua hal pada saat bersamaan bukan saja membagi perhatian Anda tetapi juga membuat Anda kurang fokus yang akibatnya butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan  pekerjaan itu. Fokus dalam bekerja membuat kita lebih produktip dan mengurangi beban stress. Buat skala prioritas apabilah Anda harus menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam kurung waktu yang bersamaan.


2.     Menyusun Rencana. 

 Apabilah Anda menjalani hari Anda tampa ada gambaran apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya,Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda bertanya" Apa yang harus saya kerjakan sekarang ya?".Rencana memberikan peta apa yang ada dihadapan Anda hari itu.  Alokasikan sedikit waktu untuk menyusun rencana sehingga Anda bisah mengelompokkan tugas-tugas yang sesuai dan memberikan prioritas serta waktu pekerjaannya. 

  •   Susunlah rencana di pagi hari atau hari sebelumnya.Anda bisah mulai dari catatan kecil saja atau bahkan menyusunnya dikepala untuk sekedar memberikan sinyal kepeda otak mengenai apa
    yang harus Anda selesiakan hari itu. 
  • Rencana tidak bersifat kaku dan selalu terbuka untuk kapanpun. Jangan lupa untuk menyisipkan waktu unyuk istirahat. Pada prinsipmya, Anda malakukan manajemen diri untuk Anda sendiri. Belajar mengelolah waktu adalah latihan yang bagus untuk disiplin diri.
3. Hindari Interupsi.

Dua hal dalam dunia kerja sekarang ini yang menjadi sering menjadi sumber interupsi adalah : telepon dan email. Tentu saja interupsi ini tidak bisah dihindari tetapi gunakan keahlian Anda dalam manajemen diri untuk menaganinya :
  1. Jawab telepon dari orang yang berkepentingan saja pada saat anda sedang fokus bekerja. Apabilah Anda harus terpaksa manjawab, usahakan waktu seminimal mungkin. Anda bisah menelpon balik ketika Anda sudah agak bebas.
  2. Pemakaian Media: Cek Berita, Facebook, Cek email dan kunjugi situs lainnya, Membutukan pikiran pikiran,tenaga waktu dan uang sehingga anda harus mempertimbangkan dengan baik.Dan anda harus hati-hati dengan pemakaian akses internet karena disamping memberikan pengetahuan positit terhadap diri ada juga akan menemukan hal-hal negative bagi diri anda. Ingat setiap orang tidak selamanya berpikir positif!!.
  3. Pergaulan: Bergaul dengan siapa saja, baik saudara, teman kampus maupun teman kost, usahakan cari orang yang produktif dan cocok untuk membagi pengetahuan dan pengalaman yang baik, karena pergaulan juga bisa akan mempengaruhi cara berpikir anda hal baik maupun buruknya.
  4. Pacaran: Anda berpacaran berarti akan membutukan,waktu,pikiran,tenaga dan uang, Anda sebaiknya meluangkan waktu khusus agar anda tidak terhalang dengan kegiatan lainnya.

7 Tips Pengembangan kualitas dan kuantitas diri
  1. keterlibatan kegiatan; Kampus kemahasiswaan,Diskusi dll. kegiatan luar kampus: Keterlibatan dalam organisasi Sosial,politik dll. Sangat penting bagi anda kerena akan mendapatkan pengetahuan pengalaman dalam proses kepemipinan dan kekompakan.
  2. Belajar keras: Membaca,menulis,menonton,mendegar menonto dan melakukannya.
  3. Akses media internet merupakan sumber pengetahuan untuk mencari impormasi, tugas dan lainnya.
  4. Keterampilan: Bahasa Ingris,ilmu komputer dan penujang lainnya
  5. Olahraga.
  6. Menjaga Etika dan Moral Adan.
  7. Hindarilah hal-hal yang mempengaruhi kegiatan Anda,contoh stres putus asa.
manajemen diri erat kaitanya dengan bagaimana Anda mengatur waktu Anda sehari-hari. jangan biarkan faktor-faktor eksternal mangganggu produktifitas Anda. Apabila Anda Produktif bukan hanya Anda sendiri yang senang tapi juga boss Anda. Hidup Anda lebih mudah dan stress pun..
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar