BUDAYA MASAK MASYERAKAT WAMENA - PAPUA



 BUDAYA WAMENA PAPUA
(BARAPEN)


CARAKU MASAK MAKANAN... 

Bakar BATU atau di sebut juga dengan BARAPEN.
Barapen adalah salah satu budaya masak-memasak asli dari Papua kusunya bagian pegunungan . Budaya ini juga biasa disebut “Bakar Batu”. Yah bakar batu, jadi cara memasaknya bukan menggunakan kompor ataupun berbahan bakar lain. Batu itu disusun dan ditumpuk satu dengan lainnya (dibagian dasar) setelah itu bahan makanan seperti daging (biasanya daging babi) petatas atau umbi-umbian dan juga sayuran (daun papaya) diletakkan diatas batu yang menjadi pondasi. Petatas yang dimasak disini berasal dari kebun-kebun para warga. Dengan ikhlas dan sukarela para bapa dan mama memanen petatas yang ada di kebun mereka untuk kemudian dibawa, dimasak kemudian dimakan bersama-sama. Setelah semua tertata barulah dibagian atas ditutup kembali dengan daun-daunan. Oh iya sebelumnya daging yang akan dimasak dilapisi dahulu dengan dedaunan. Hal ini dimaksudkan agar daging tidak gosong ketika dimasak. Ketika sang mama (sebutan untuk wanita papua) sibuk menyiapkan bahan makanan sang Bapa (sebutan untuk lelaki) juga tak mau kalah ambil bagian, yakni menyiapkan perapian dan bebatuan serta kayu yang digunakan sebagai alat untuk memasak. Dan yang perlu ditiru disini adalah semangat tolong menolonng dan bantu membantu yang masih awet sampai sekarang.

Setelah beberapa lama, ketika sudah dirasa cukup masak, daging, umbi-umbian dan sayuran pun mulai diangkat setelah sebelumnya lapisan sayur pembungkus yang ada di bagian atas dibuka satu persatu dan sampai selesai di angkat akan di sediakan tempat untuk menaru makaan dan makanan tidak di konsumsi sendiri tapi untuk makan bersama..


Dalam hal ini kita bisah liat ada kebersamaan dan kekompakan dan hal kasih. untuk melakuan sesuatu hal bersama… 


BY, MANU HIMAN
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar