PENGENALAN BUDAYA PAPUA DAN BUDAYA MODEREN.

PENGENALAN BUDAYA PAPUA
DAN
BUDAYA MODEREN
      


1.PENGARTIAN BUDAYA
Budaya adalah suatu carah hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasih ke generasih.Budaya terbentuk dari bayak unsure yang rumit termasuk system agama,politik,adat istiadat,bahasa,perkakas,bagunan dan karya seni.

2. ASAL BUDAYA PAPUA
Budaya papua tidak dating dari bangsa manapun karena budaya papua lahir dari orang Papua itu sendiri yang di warisi oleh leluhur kepada kita.
Sejak manusia Papua mendiami tana Papua mereka suda mampunyai tatanan hidup yang baik mulai dari segi Ekonomi,Politik,Pertanian dan kepercayaan kepada Sang Pencipta. Semua itu dapat kita lihat dari cara berkomunikasih dan praktek  hidup yang mereka mewariskan kepada kita.misalnya seorang anak laki-laki sejak kecil diajarkan untuk berkebun,membuat ruma,menbuaat pagar,berburu dan serta mengikuti ritual adat untuk meminta kesuburan dan perlindungan kepada yang Maha Kuasa.dan untuk wanita akan diajar kan membuat Noken/tas yang berguna untuk mengasuh bayi dan untuk mengisih bahan makanan.

3. PENGARU BUDAYA MODEREN TERHADAP BUDAYA PAPUA.
Di era globalisasi dan era modern ini Budaya Papua mengalami kaloborasi budaya asing yang mambuat orang Papua melupakan indentitas nya sebagai orang Papua. Misalnya anak muda papaua sekarang sudah lupa bahasa daera,gaya berpakaian,gaya rambut, yang aslih, smua di pengaruhi oleh:
a. Pengaru pengunaan teknologi dan komunikasih yang salah.
b. Kurangnya pendidikan budaya dari orang Tua dan Sekolah.
Namun setelah kita liahatkembali, smua yang terjadi diatas adalah situasi yang yang terjadi saat ini dan kita smua korban dari diri kita sendiri took adat,gereja,pemerinta smua ini masah kita bersama.  
4. KESIMPULAN.
Budaya adalah kekayaan suatu bangsa yang diwariskan leluhur kita sebagi jati diri kita. Karena budaya Papua tidak lahir dari bangsa manapun dan tidak dating dar manapun tetapi budaya lahir di tengah orang papua sendiriyang diwariskan oleh Tuhan sebagi tatanan hidup manusia yang beradap.
Akhir kata situasi jaman sekarang selaluh berubah dalam setiap detik .Kerena ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju begitu cepat mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan situasi jaman.namun satu hal yang terpenting adalah dalam situasih apapun dan dimanapun kita berada sikap kita sebagai orang papua itu harus pertahankan sebagi orang asli Papua.




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar